"Selamat melihat. Bila anda melihat, pasti akan SELAMAT..."
Situs pribadi penulis telah dialihkan. Klik disini

29 Juli 2008

Internet? Intranet? Domain? Hosting?

Mungkin kita sudah banyak mendengar (atau mengerti) tentang arti dari internet, intranet. domain, dan hosting. Di bawah ini adalah penjelasannya:
- Internet adalah suatu jaringan yang menghubungkan komputer di seluruh dunia (whole world) melalui suatu website atau blog. Inilah yang anda pakai sekarang. Anda bisa mengakses site di seluruh dunia dengan menggunakan internet. Anda bisa melakukan browsing, download, upload, dsb. Internet juga dapat digunakan sebagai sarana bisnis, seperti pembelian domain atau software.
- Intranet hampir sama dengan internet, hanya saja jaringannya lebih sempit, yaitu hanya menyambung komputer di satu tempat atau wilayah saja.
- Domain adalah (singkat saja) alamat internet atau alamat web. Kita dapat membuat sebuah website dengan membeli domain (atau mungkin ada yang free). Website tersebut kemudian dapat dilihat oleh seluruh orang di dunia yang tersambung oleh internet.
- Hosting adalah layanan penyewaan space harddisk di jaringan internet. Untuk memasukkan file ke dalam harddisk tersebut, kita harus meng-upload file terlebih dahulu. File yang telah kita hosting akan disebarkan di jaringan internet dan dapat di-share atau di-download oleh seluruh orang di dunia yang tersambung oleh internet.

Tidak ada komentar:

_____________________________________________________________________________________________
_______________________________________________________________________________________________________________
 

Copyright 2009 by M. Ramadhan. No offensive materials, contents, and/or statements.